Jumat, 02 September 2011

TULAMBEN WRECK

Tulamben terletak di pantai timur laut Bali di kaki Gunung Agung. Pada kedalaman 30 meter di bawah laut terdapat kerangka kapal “ÚS Liberty” , sebuah kapal dagang AS yang karam akibat dihantam torpedo kapal selam Jepang pada tanggal 11 Januari 1942 ketika dalam pelayarannya melintasi Selat Lombok.   
Pantai Tulamben ditutupi dengan krikil hitam besar dan sangat sulit untuk berjalan dengan peralatan menyelam yang sangat berat. Menyelam di area Tulamben harus berjalan dari pantai, masuk dan keluar dari air yang cukup menantang, untuk mempermudah dengan berpegangan dengan teman menyelam, setelah 30 meter Anda mencapai pasir vulkanik hitam. Kapal US Liberty terletak di lereng berpasir paralel ke pantai, sekitar tenggara ke barat laut, bagian dari suprastruktur ini dekat dengan permukaan dan juga bisa dicapai oleh perenang snorkel. Kapal US Liberty ini sekitar 120m panjang, titik terdalam adalah 30m dan ditutupi dengan karang dan spons. Menyelam di bangkai kapal pada saat malam hari adalah sesuatu yang khusus tetapi hanya harus dicoba jika Anda memiliki skill yang cukup. Kami dapat melihat flashlightfish (matikan lampu), cowrie special, nudibranch dan banyak kepiting laba-laba.

   


Tulamben Drop Off, sekitar 500m ke timur dari Tulamben Wreck dan dekat dengan candi, dinding bawah air turun sampai kedalaman 60m (puncak sekitar 3-5m), terkadang ada arus tapi tidak terlalu besar. Ada tiga lava ditutupi karang taji yang mencapai 50 sampai 60m tapi biasanya Anda menyelam di salah satu yang terletak di sebelah barat candi Dua lainnya terumbu di sudut juga perlu ditelusuri. Pada kedalaman 30m terdapat Muricella gorgonia terbesar, itu harus lebih dari 2m.   Menyelam di kedalaman kapal karam Liberty merupakan alasan pelagic
SUNSET, AMED BALI
NICE PLACE TO STAY
Pengalaman divers yang sudah pernah ke Tulamben, dipercaya akan kembali lagi.  dan hal itu terjadi dengan saya, ke 3 kalinya saya menyelam di Wreck Tulamben, Amed Bali.   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar